Senin, 16 Mei 2016
TANTANGAN STRATEGIS PEMASARAN PARIWISATA
1. TREN PENGEMBANGAN PRODUK
PEOPLE CONTACT DAN CULTURAL TOURISM
STRATEGI PEMASARAN YANG MEMINIMALKAN KONFLIK DAN DAMPAK NEGATIF
2. KOMPETISI DESTINASI PARIWISATA
SANGAT PROSPEKTIF, PERSAINGAN KETAT,PROMOSI
3. PERGESERAN TREN PERJALANAN WISATA
MASS TOURISM TO ALTERNATIVE TOURISM
POLA PERUBAHAN (SEA, SAND,SUN) TO GREEN TOURISM, (ECO TOURISM DAN COMMUNITY BASED TOURISM)
4. KESADARAN LINGKUNGAN
PENDIDIKAN, SMART CUSTOMER, GREEN TOURIST
5. TREN KONSUMEN
PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN
KETERSEDIAAN INFORMASI BAGI KONSUMEN
PARTISIPASI KONSUMEN
RESISTANSI KONSUMEN YANG DIDUKUNG DARI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI LEPAS BATAS ( BORDERLESS INFORMATION )
• IMPLIKASI KHUSUS PERUBAHAN TREN KONSUMEN TERHADAP PEMASARAN :
a. KONSUMEN MEMPUNYAI POSISI TAWAR DAN DAYA BELI TINGGI, MEMILIKI OPSI PILIHAN HARGA DENGAN CEPAT DARI BERBAGAI PENYEDIA PRODUK DAN JASA DI SELURUH DUNIA , (PELUANG INI MEMBERI TINGKAT PENGHEMATAN TERTENTU/PERBEDAAN HARGA ANTAR PROVIDER, MEGORDER OLNLINA)
b. PRODUK PARIWISATA DIJUAL DENGAN MEMANFAATKAN TI DAN BISA DIBELI SECARA ONLINE
c. WIATAWAN MAKIN MUDAH MENCARI DESTINASI YANG UNIK DAN MAMPU MEMBERI PENGALAMAN SEBANDING DENGAN 
d. DENGAN TI DALAM HITUNGAN DETIK SEMUA BERITA DAN KEJADIAN POSITIF-NEGATIF, KEJADIAN DI DESTINASI AKAN CEPAT MENYEBAR KE DUNIA, JADI MENJAGA KEAKURATAN INFORMASI PENTING AGAR TIDAK TERJADI :
i. TUNTUTAN HUKUM
ii. PENYEBARAN BERITA NEGATIF KE SELURUH DUNIA MELALUI INTERNET
6. GLOBAL WARNING
SISTEM PEMBANGUNAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DI SEKTOR KEPARIWISATAAN MENJADI AGENDA POKOK YANG HARUS DILAKSANAKAN  DI BERBAGAI WILAYAH DAN DESTINASI PARIWISATA
7. KRISIS GLOBAL
BAGI PARIWISATA INI BERDAMPAK PADA POLA PERJALANAN WISATA YANG AKAN  CENDERUNG DIDOMINASI POLA PERJALANAN JARAK PENDEK-MENENGAH , MAKA AKAN DIDOMINASI PERJALANAN INTRAREGIONAL DIABNDING PERJALANAN JARAK JAUH , MISAL : EROPA , AMERIKA, DLL.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)


Tidak ada komentar:
Posting Komentar